Lomba Kadarkum Tingkat Provinsi Kalimantan Barat Tahun 2015

 Rabu, 15 September 2015 |   admin |   Hukum


JDIH.LANDAKKAB.GO.ID - Upaya pemerintah untuk meningkatkan kesadaran masyarakat dan aparatur negara akan hukum tidak hanya dilakukan melalui kegiatan sosialisasi saja. Upaya lain agar masyarakat mendapatkan pemahaman soal hukum dapat melalui perlombaan. Hal ini yang melatarbelakangi terlaksananya kegiatan Lomba Keluarga Sadar Hukum (Kadarkum) Tingkat Provinsi Kalimantan Barat yang diselenggarakan oleh Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Kalimantan Barat pada tanggal 25 s.d. 27 Agustus 2015 bertempat di Aula Kanwil Kemenkumham Kalbar Jl. KS Tubun No. 26 Pontianak.

 

      Kegiatan Lomba yang diadakan 4 (empat) tahun sekali ini dibuka oleh Gubernur Kalimantan Barat yang diwakili oleh Asisten Pemerintahan Sekda Provinsi Kalbar. Peserta/Tim yang mengikuti Lomba Kadarkum Tingkat Prov. Kalbar pada tahun 2015 ini sebanyak 9 (sembilan) kabupaten/kota dari 14 (empat belas) kabupaten/kota se-Kalimantan Barat. Sembilan kabupaten/kota tersebut adalah Kabupaten Landak, Sintang, Bengkayang, Melawi, Sambas, Kubu Raya, Kapuas Hulu, Kayong Utara, dan Kota Pontianak. Masing-masing Tim terdiri dari 5 (lima) peserta dan 1 (satu) pendamping.

 

 

 

      Adapun materi yang dilombakan sebanyak 7 (tujuh) peraturan perundang-undangan, yaitu :

 

1. UU No. 21 Tahun 2007 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Perdagangan Orang.
2. UU No. 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik.
3. UU No. 44 Tahun 2008 tentang Pornografi.
4. UU No. 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan.
5. UU No. 35 Tahun 2009 tentang Narkotika.
6. UU No. 16 Tahun 2011 tentang Bantuan Hukum.
7. UU No. 35 Tahun 2014 tentang Perlindungan Anak.

 

      Untuk tahapan lomba yang disiapkan antara lain peserta sebelumnya harus menyiapkan yel-yel dari masing-masing tim, kemudian mengikuti babak penyisihan dan diambil dua grup dengan nilai terbesar. Babak penyisihan diadakan sebanyak dua kali. Setelah didapatkan empat grup dengan nilai terbanyak akan maju ke babak final dan akan diambil juara 1, juara 2, dan juara 3 serta juara harapan.

 

 

 

      Setelah melalui beberapa tahapan lomba, yang menjadi juara 1 Lomba Kadarkum Tingkat Provinsi Kalimantan Barat Tahun 2015 yaitu Tim Kadarkum dari Kota Pontianak. Oleh karenanya Kota Pontianak berhak mewakili Provinsi Kalimantan Barat pada Lomba Kadarkum Tingkat Nasional Tahun 2016. (kin)


Berita Lainnya


Workshop Integrasi JDIH Nasional di Batam

Kegiatan "Workshop Integrasi Website Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum (JDIH) Nasional" di Pulau Batam, Provinsi Kepulauan Riau dari tanggal 28 s/d 30 September 2015, ini diikuti juga oleh Bagian Hukum dan HAM Sekretariat Daerah Kabupaten Landak karena sudah menjadi

baca...

Pertemuan JDIH Se-Kalbar Tahun 2015 di Ketapang

  JDIH.LANDAKKAB.GO.ID - Pertemuan anggota JDIH (Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum) se-Kalbar yang diadakan oleh Biro Hukum Setda Provinsi Kalbar ini berupa Bimtek atau Bimbingan Teknis Sistem Informasi Hukum. Pertemuan ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan

baca...